23 Juli 2007

Phobia Sekolah

Tahun Ajaran baru 2007 – 2008, akan segera dimulai. Segala perlengkapan untuk putra-putri sudah dilakukan. Mulai dari sepatu baru, seragam baru dan alat-alat sekolah baru sudah disiapkan Ibu, tapi bagaimana kalau ternyata anak kita tiba-tiba mogok tidak mau sekolah, parahnya lagi mereka takut sekolah yang dalam istilah psikologi-nya disebut Phobia Sekolah.


Dalam Ragam Perempuan edisi 14 Juli 2007, Suara Surabaya menghadirkan Miftakhul Jannah Spi, Msi Spikolog dari Lembaga Pengembangan Insight. Mifta mengatakan, Phobia Sekolah bisa disebut juga gangguan kejiwaan. Dari segi tingkatan, mulai dari tingkat ringan, sedang akut sampai kronis.


Phobia sekolah adalah bentuk kecemasan yang tinggi terhadap sekolah yang biasanya disertai dengan berbagai keluhan yang tidak pernah muncul atau hilang kalau berhadapan dengan situasi dia harus ke sekolah. Phobia sewaktu-waktu dialami oleh setiap anak sampai usianya 15 tahun.

Semua tingkatan gangguan Psikologis ini bisa disebuhkan, asalkan ditangani dengan benar.

Para ahli menunjukkan tingkatan school refusal mulai dari yang ringan yaitu :
1. Initial scholl refusal behavior

Sikap menolak sekolah yang berlangsung dalam waktu singkat (seketika/tiba-tiba) dan akan hilang dengan sendirinya.

2. Substansial scholl refusal behavior

Sikap penolakan yang berlangsung selama minimal 2 minggu

3. Acute scholl refusal behavior

Sikap penolakan yang berlangsung selama 2 minggu sampai 1 tahun dan selama ini anak mengalami masalah setiap kali akan berangkat sekolah

4. Chronic school refusal behavior .

Sikap penolakan yang berlangsung lebih dari setahun, bahkan selama anak tersebut ditempat itu.

Penyebab Phobia

Phobia sekolah, atau takut pada sekolah dipicu oleh rasa ketidaknyamanan pada sekolah, mereka merasa sekolah menjadi aktifitas yang tidak menyenangkan, punya pengalaman buruk misalnya dicemooh, diolok-olok dan lainnya. Penyebab phobia bisa jadi karena ada problem yang dialamai orangtuanya. Misalnya anak sering mendengar dan melihat orangtuanya bertengkat, sehingga timbul tekanan emosi yang mengakibatkan konsentrasi belajar mereka terganggu.

Gejala awal yang muncul, menolak untuk sekolah, menangis, mulai beralasan sakit kepala, sakit perut dan lainya, Pada tingkatan terparah anak yang mengalami phobia sekolah benar-benar sakit bahkan langsung pingsan kalau diminta pergi ke sekolah.

Penanganan

Ibu sebagai orang yang paling dekat dengan anak, bisa membantu anak sembuh dari gangguan Phobia Sekolah ini, caranya :

  1. Temukan penyebab kenapa anak takut ke sekolah., sempatkan waktu berdiskusi pada anak untuk menemukan penyebab ketakutan pada sekolah
  2. Tetap menekankan pentingnya bersekolah , the best theraphy for school phobia is to be in school everyday
  3. Konsultasikan masalah kesehatan anak ini pada dokter atau psikologi jika masalah terjadi berlarut-larut
  4. Bekerjasama dengan guru
  5. Lepaskan anak secara bertahap dan jangan lupa, berikan penghargaan pada anak bila mereka mulai berubah. Penghargaan ini bisa dari kata-kata pujian sampai dengan memberi hadiah-hadiah kecil

1 komentar:

Isi-otak-ku mengatakan...

konsultasi ya bu...
anak saya laki umur 9th. mengalami hal tersebut, kalo udah kambuh, berat sekali untuk kesekolah, bahkan untuk buka mata saja malas dan pilih tidur, tetapi bila telah melewati jam masuk sekolah misal jam 7. setelah jam 7.30 udah seperti normal lagi, setiap kali saya ajak ngobrol apa dan kenapa gak mau sekolah tidak pernah mau ngomong. biasanya baru mau sekolah lagi kalo udah 4-5 hari, atau meleangkapi satu minggu, atau hari seninnya. please advisenya yaaa..